Senin, 18 Maret 2013

Garuda Siapkan Pesawat Khusus Penerbangan Umrah

Permohonan Kementerian Agama untuk mendapatkan tambahan rute penerbangan bagi jamaah umrah, direspons cepat maskapai Garuda Indonesia. Maskapai penerbangan milik negara itu menjanjikan mempersiapkan satu pesawat khusus umrah.

"April ini satu pesawat khusus bagi pelayanan jamaah umrah siap beroperasi," kata Direktur Umum Garuda Indonesa Emirsyah Satar di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Menurutnya, kebutuhan penerbangan ke Tanah Suci memang menunjukkan peningkatan luar biasa. Setiap tahun penambahan jumlah penumpang yang berniat melakukan perjalanan umrah sangat banyak sehingga sering kesulitan menyiapkan pesawat.

Dengan hadirnya satu pesawat baru itu, lanjut dia, dapat menjawab kebutuhan jamaah umrah. Pesawat baru itu dari jenis Boeing terbaru. Kapasitas angkutnya juga banyak.



"Memang kami telah menerima permohonan dari Kementerian Agama terkait pelayanan umrah ini. Garuda pun segera meresponsnya," tambahnya.

Direktur Penerbangan Haji Garuda Indonesia Hadi Syahrean mengakui telah siap mengoperasikan satu pesawat baru untuk melayani rute Jakarta-Arab Saudi. Jenis pesawatnya Boeing Seri 777 yang memiliki daya angkut mencapai 442 penumpang.

Pesawat ini lebih besar dari pesawat sebelumnya yang hanya memiliki daya angkut 425 penumpang. "Boeing 777 bakal dioperasikan 29 Maret. Garuda membeli khusus untuk memberikan layanan bagi jamaah umrah," jelasnya, dalam pemberitaan JPNN.

Saat ini pihak Garuda Indonesia telah melayani 13 kali penerbangan untuk perjalanan umrah setiap minggunya. Jamaah itu dilayani menggunakan pesawat Boeing jenis 747-400.

Dengan jumlah itu saja, lanjut dia, masih mengalami antrean jamaah yang ingin melakukan perjalanan umrah. Garuda pun perlu menyiasati semua kebutuhan tersebut agar jamaah tetap terlayani dengan maksimal.

"Kehadiran Boeing Seri 777 ini paling tidak bisa memberikan pelayanan lebih bagi jamaah umrah. Nantinya bakal terus ditingkatkan lagi pelayanan tersebut," katanya.

Di antara peningkatan layanan berupa wheelchair transporter. Mobil khusus kursi roda ini merupakan layanan terbaru dari Garuda Indonesia bagi para pengguna jasa penyandang difabel dan penumpang umum pengguna kursi roda untuk kemudahan dan kenyamanan saat melakukan boarding.*

Sumber : http://www.hidayatullah.com/read/27703/16/03/2013/garuda-siapkan-pesawat-khusus-penerbangan-umrah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar